PERAN KECERDASAN SPIRITUAL MEMODERASI PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK

Main Article Content

Nurul Fadri
Muhammad Khafid

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dimensi fraud diamond dan self-efficacy terhadap kecurangan akademik dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderating. Populasi dari penelitian ini adalah 148 peserta didik Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan dan kemampuan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik peserta didik sementara kesempatan, rasionalisasi, dan self-efficacy tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik peserta didik. Sedangkan kecerdasan spiritual mampu memoderasi pengaruh antara variabel tekanan, kesempatan, kemampuan dan self-efficacy terhadap kecurangan akademik peserta didik. Sementara, kecerdasan spiritual tidak mampu memoderasi pengaruh rasionalisasi terhadap kecurangan akademik peserta didik. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu menciptakan kondisi yang tidak membuat peserta didik tertekan seperti tidak memberikan tugas yang terlalu banyak dan membiasakan peserta didik untuk disiplin, meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan serta menerapkan aturan yang lebih ketat terkait pengerjaan tugas maupun dalam ujian.


 


The purpose of this study is to determine whether there is influence the dimensions of fraud diamond and self-efficacy against academic cheating with spiritual intelligence as a moderating variable. The population of this study was 148 students of eleventh grade’s students in social classes at State Madrasah Aliyah in Purbalingga. Methods of data collection using questionnaire method by using proportionate random sampling technique with thw total sample of 108 students. The results of this study indicate that pressure and capability have a positive and significant effect on academic fraud while opportunity, rationalization, and self-efficacy has no effect on academic fraud. While spiritual intelligence is able to moderate the influence of the variables of pressure, opportunity, capability, and self-efficacy against academic cheating. Meanwhile, spiritual intelligence is unable to moderate the influence of rationalization on academic fraud. Suggestions given related to the results of this research is to create conditions that do not make learners distressed as not to give too much task and familiarize students for discipline, improve supervision and examination and apply more stringent rules related to the execution of duties and in the exam

Article Details

How to Cite
Fadri, N., & Khafid, M. (2019). PERAN KECERDASAN SPIRITUAL MEMODERASI PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 430-448. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28250
Section
Articles