FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI 2015 MENJADI ANGGOTA KOPERASI

Main Article Content

Dicky Setia Pratama
Widiyanto Widiyanto

Abstract

Minat berkoperasi mengandung pengertian keinginan yang tinggi yang diwujudkan dalam perasaan senang, perhatian, konsentrasi, sadar, dan mempunyai kemauan terlibat dalam kegiatan koperasi sehingga mendorong anggota koperasi untuk berpartisipasi aktif. Oleh karena itu untuk menyalurkan minat dalam berkoperasi di setiap instansi pendidikan didirikan sebuah koperasi yang mampu memberikan pembelajaran secara nyata agar memiliki jiwa kemandirian, kewirausahaan dan gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan koperasi dan motivasi berkoperasi mahasiswa secara simultan dan parsial terhadap minat berkoperasi mahasiswa pendidikan ekonomi koperasi angkatan 2015.Populasi dalam penelitian ini yaitu 110 orang dan jumlah sampel 110 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh persamaaan regresi berganda yang selanjutnya disingkat dengan Mb = 0,8036 + 0,329PK + 0,373MB+ e. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan dan parsial variabel pengetahuan koperasi dan motivasi berkoperasi berpengaruh positif terhadap minat berkoperasi.


 


The definition Cooperative learningis of high will manifested in feelings such as pleased, paying attention, concentration, conscious, and has the will to actively participate. Therefore, to channel interest in Koperasi participation, cooperative that gives realistic learning in order to have the students gains independence, entrepreneurship, and mutual cooperation is established in every educational agency. This research aims to understand the presence of cooperative education influence and students’ motivation in cooperative participation simultaneously and partially to economic education 2015 generation students’ interest in cooperative participation. Population of this research is 110 people and with the sample of 110 people. The technique of collecting sample is using saturated sampling and data collecting method used is questionnaire and observation. Data analysis method in this research is using multiple regression analysis and percentage description. The result of research obtains multiple regression equation which further abbreviated as Mb = 0,8036 + 0,329PK + 0,373MB+ e. the result of this research shows that simultaneously and partially, variable of Koperasi knowledge and motivation is positively affecting interest of cooperative participation

Article Details

How to Cite
Pratama, D., & Widiyanto, W. (2019). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI 2015 MENJADI ANGGOTA KOPERASI. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 939-944. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28323
Section
Articles