PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Main Article Content

Ruffiah Ruffiah
Muhsin Muhsin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan transformasional, secara simultan dan parsial terhadap kualitas pelayanaan di Kantor Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dan jumlah sampel 115 orang yang dihitung dengan rumus iterasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling incidental dan mempunyai kriteria frekuensi kedatangan minimal dua kali dalam melakukan pelayanan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan deskriptif persentase. Hasil penelitian data diperoleh persamaaan regresi berganda yang selanjutnya disingkat dengan KP = -0,384 + 0,306KI + 0,400PTI+ 0,029BO + 0,793GKT + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, budaya organisasi, dan gaya kepemimpinan transformasional, berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanaan. Variabel budaya organisasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kualitas pelayanan dapat dicapai dengan meningkatkan komunikasi interpersonal, pemanfaatan teknologi informasi, dan gaya kepemimpinan transformasional pada kantor kecamatan.


 



This study aims to determine whether the influence of interpersonal communication, utilization of information technology, organizational culture, and transformational leadership style, simultaneously and partially to the quality of service in Lasem District Office of Rembang. The population in this study was unknown and the sample was 115 people calculated by the iteration formula. The sampling technique uses incidental sampling and has a minimum of arrival frequency criteria in service. The methods of data collection was done by observation, interview, questionnaire, and documentation. The methods of data analysis of this study using multiple regression analysis and descriptive percentage. The results of this research obtained multiple regression equations, hereinafter abbreviated as KP = -0,384 + 0,306KI + 0,400PTI+ 0,029BO + 0,793GKT + e. The results of this study indicate that simultaneously interpersonal communication variables, utilization of information technology, organizational culture and transformational leadership style have a positive effect on service quality. Organizational culture variable partially has no significant effect on service quality.The conclusion of this research is the improvement of service quality can be achieved by improving interpersonal communication, utilization of information technology, and transformational leadership style at sub-district office.

Article Details

How to Cite
Ruffiah, R., & Muhsin, M. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1163-1177. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28347
Section
Articles