PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN EFIKASI DIRI MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Main Article Content

Lailatus Sa’adah
Amir Mahmud

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan instagram, efikasi diri, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha baik secara langsung maupun melalui motivasi berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi di PTN se-Kota Semarang angkatan 2015 sejumlah 1.892. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 330 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampel insidental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh positif penggunaan instagram terhadap minat berwirausaha (2) ada pengaruh positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha (3) ada pengaruh positif motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (4) ada pengaruh positif penggunaan instagram terhadap motivasi berwirausaha (5) ada pengaruh positif efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha (6) ada pengaruh positif penggunaan instagram terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha (7) ada pengaruh positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi berwirausaha. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan instagram, efikasi diri, dan motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap minat berwirausaha baik secara langsung maupun melalui motivasi berwirausaha.

Article Details

How to Cite
Sa’adah, L., & Mahmud, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN EFIKASI DIRI MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18-32. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29758
Section
Articles