PENGARUH KEMANDIRIAN, LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA IPS

Main Article Content

Audi Rizka Pratama
Rusdarti Rusdarti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kemandirian, lingkungan,  dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa IPS SMA Negeri 1 Ambarawa baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS di SMA Negeri 1 Ambarawa yang berjumlah 273 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportional Random Sampling dan diperoleh sebanyak 108 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan sebesar 90,7%. Secara parsial kemandirian berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 39,6%, lingkungan berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 43,9%, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 59,9%. Saran dari penelitian ini, siswa perlu meningkatkan kemandirian dalam belajar agar materi dapat dikuasai dengan baik sehingga akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Terkait dengan lingkungan diharapkan orang tua, sekolah, dan masyarakat lebih memperhatikan siswa dalam belajar dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi siswa.

Article Details

How to Cite
Pratama, A., & Rusdarti, R. (2019). PENGARUH KEMANDIRIAN, LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA IPS. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 148-162. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29766
Section
Articles