KEMITRAAN PRODUKSI DAN PEMASARAN UMKM SIRUP MANGGA

Main Article Content

S.A. Sifa Imtihan
Kardoyo Kardoyo

Abstract

Pengembangan usaha merupakan cara untuk mendapatkan kualitas dalam sebuah usaha. Penelitian ini bertujuan untuk (1).Mengetahui pengembangan usaha yang dilakukan UMKM sirup Michiko dari dua aspek yaitu aspek kemitraan pemasaran dan kemitraan produksi. (2).Mengetahui setiap aspek pengembangan usaha kedalam sebuah pola atau konsep yang merupakan sebuah proses atau temuan selama penelitian berlangsung. Penelitian ini merupakan kualitatif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari disperindag dan UMKM Kota Cirebon dan sirup Michiko. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik miles and huberman. Temuan penelitian ini yaitu sebuah konsep kemitraan atau pengembangan usaha sector kemitraan yang di dalamnya terdapat sebuah pola kemitraan yang terbagi menjadi dua pola yaitu kemitraan produksi dan kemitraan pemasaran. Kemitraan pemasaran UMKM sirup bekerjasama dengan beberapa mitra yang bergerak dibidang pemasaran seperti pemasaran melalui media televise serta dibantu oleh pemerintah melalui acara-acara yang diadakan oleh pemerintah baik Kota maupun Provinsi sehingga dapat memasarkan produk sirup Michiko secara merata. Kemitran produksi sirup bekerjasama dengan beberapa mitra yang bergerak dalam bidang produksi seperti produksi buah mangga dan produksi kemasan. Dengan adanya kerjasama yang dilakukukan sirup Michiko maka produk dapat dikenal masyarakat luas dan mengoptimalkan proses produksi melalui kerjasama/kemitraan yang dijalankan oleh UMKM sirup Michiko dengan menedepankan kualitas.

Article Details

How to Cite
Imtihan, S., & Kardoyo, K. (2019). KEMITRAAN PRODUKSI DAN PEMASARAN UMKM SIRUP MANGGA. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 179-192. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29769
Section
Articles