PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA, SKALA USAHA DAN SALURAN PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA

Main Article Content

Irvan Kurniawan
Syamsu Hadi
Wijang Sakitri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan dan parsial antara kompetensi wirausaha, skala usaha dan saluran pemasaran terhadap keberhasilan usaha di UMKM Getuk Goreng Sokaraja Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.Objek penelitian adalah UMKM Getuk Goreng Sokaraja di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sumua populasi. Metode pengumpulan data dengan angket atau kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan partial kompetensi wirausaha, skala usaha dan saluran pemasaran berpengaruh pada keberhasilan usaha sebesar 70,0 %. Secara parsial variabel kompetensi wirausaha berpengaruh terhadap keberhasilan usaha sebesar 46,1 %, skala usaha pada keberhasilan usaha sebesar 42,4% ,dan saluran pemasaran berpengaruh terhadap keberhasilan usaha sebesar 15,0 %. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu Bagi wiarusaha sebaiknya memperhatikan kompetensi beriwirausaha ketika memulai usahanya, sedangkan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel lain selain variabel yang diteliti.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, I., Hadi, S., & Sakitri, W. (2019). PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA, SKALA USAHA DAN SALURAN PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 209-224. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29771
Section
Articles