PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, DISIPLIN BELAJAR, KOMPETENSI SOSIAL GURU, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Main Article Content

Eva Dwi L
Muhsin Muhsin
Fahrur Rozi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah lingkungan keluarga, disiplin belajar, kompetensi sosial guru, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Salatiga. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X, XI, dan XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebanyak 208 siswa dengan jumlah sample 137 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini adalah 1). Lingkungan keluarga, disiplin belajar, kompetensi sosial guru, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 2). Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 3). Disiplin belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 4). kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga, disiplin belajar, kompetensi sosial guru, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa secara simultan. Sedangkan secara parsial lingkungan keluarga, disiplin belajar, dan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap motivasi belajar, dan kesiapan belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Article Details

How to Cite
L, E., Muhsin, M., & Rozi, F. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, DISIPLIN BELAJAR, KOMPETENSI SOSIAL GURU, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 302-317. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29778
Section
Articles