PENGARUH PRAKERIN, FASILITAS BELAJAR, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA

Main Article Content

Eka Nur Wahyuni
Nina Oktarina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prakerin, fasilitas belajar dan self-efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran SMK 17 Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018 . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK 17 Temanggung yaitu sebanyak 41 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sempel yaitu menggunakan sempel jenuh. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = - 11,582 + 0,274 X1 + 0,357 X2 + 0,354 X3 + e. Uji keberartian persamaan regresi dengan Fhitung = 26,212 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan dari prakerin, fasilitas belajar, dan self-efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja yaitu sebesar 65,4%. Sedangkan, pengaruh secara parsial untuk prakerin sebesar 21,80%, fasilitas belajar sebesar 19,98% dan self-efficacy sebesar 30,03%. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara prakerin, fasilitas belajar, dan self-efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, E., & Oktarina, N. (2019). PENGARUH PRAKERIN, FASILITAS BELAJAR, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 404-418. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29784
Section
Articles