Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar sebagai Variabel Mediasi

Main Article Content

Nur Barokah
Agung Yulianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah, self efficacy, status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara langsung dan tidak langsung melalui prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Cilacap yang berjumlah 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 81 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah, self efficacy dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil analisis jalur, prestasi belajar dapat memediasi pengaruh lingkungan sekolah, self efficacy dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun prestasi belajar menunjukkan hasil partial mediation. Hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah, self efficacy dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 434-452. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498
Section
Articles