Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Posttest-only control design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI Penasaran t3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol menggunkan metode konvensional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan peningkatan kreativitas, hasil belajar dan pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil analisis keefektifan pembelajaran kelas eksperimen dengan metode Project Based Learning (PjBL) menunjukkan rata-rata hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 76,81 dan kelas eksperimen sebesar 79,94 dengan dk=31. Serta diperoleh sebesar 3,044 dan sebesar 1,684 dengan taraf signifikasi 5%. Karena lebih besar dari . Hal tersebut menunjukkan kemampuan peningkatan kreatifitas dan hasil belajar pada materi penataan penataan barang dagangan menggunakan pembelajaran project based learning lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI PM SMK Negeri 2 Semarang.