Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar

Main Article Content

Ulfa Sofiyanti
Sukirman Sukirman

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung potensi diri, kondisi sosial ekonomi orang tua, efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah 115 siswa kelas XII IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi diri, kondisi sosial ekonomi orang tua dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil analisis jalur, prestasi belajar dapat memediasi pengaruh potensi diri, kondisi sosial ekonomi orang tua dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun prestasi belajar menunjukkan hasil partial mediation. Hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa potensi diri, kondisi sosial ekonomi orang tua dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar.

Article Details

How to Cite
Sofiyanti, U., & Sukirman, S. (2019). Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 453-469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31500
Section
Articles