Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan

Main Article Content

Mela Indriyani
Joko Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru dan fasilitas belajar terhadap kualitas pembelajaran kewirausahaan secara simultan atau parsial. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII SMK Teuku Umar Semarang yang berjumlah 406 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 80 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik propotionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan guru dan fasilitas belajar terhadap kualitas pembelajaran kewirausahaan. Pengaruh secara bersama-sama sebesar 50%, sedangkan pengaruh secara parsial kepemimpinan guru sebesar 19,89% dan fasilitas belajar sebesar 29,92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama dan parsial mempengaruhi kualitas pembelajaran kewirausahaan. Saran dari penelitian ini adalah (1) guru harus meningkatkan pengetahuan mengenai kemampuan peserta didik dalam menyerap materi, memperhatikan perilaku peserta didik di kelas, dan menjadi pemimpin pembelajaran dengan lebih mendalami sikap dan perilaku pemimpin yang unggul (2) sekolah harus meningkatkan perbaikan dan kelengkapan fasilitas dan peserta didik harus lebih menjaga dan memanfaatkan dengan baik fasilitas belajar yang ada (3) guru dan peserta didik bekerja sama dalam meningkatkan motivasi belajar kewirausahan.

Article Details

How to Cite
Indriyani, M., & Widodo, J. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 681-697. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31509
Section
Articles