Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar

Main Article Content

Ayu Karunia Wati
Muhsin Muhsin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar, motivasi be- lajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar peserta didik program keahlian Administrasi Perkantoran baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Magelang sebanyak 354 pesertadidik. Sampel Penelitian ada 190 peserta didik Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dengan metode analisis data menggunakan ana- lisis deskriptif presentase dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dan signifikan secara simultan antara minat belajar, motivasi belajar, ling- kungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar sebesar 42%. Secara


parsial, minat belajar berpengaruh sebesar 3,88% terhadap kesulitan belajar; motivasi bela-


jar berpengaruh sebesar 4,75% terhadap kesulitan belajar; lingkungan keluarga berpengaruh sebesar 4,04% terhadap kesulitan belajar; dan lingkungan sekolah berpengaruh sebesar 2,28% terhadap kesulitan belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh secara parsial maupun simultan antara minat belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar.

Article Details

How to Cite
Wati, A., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797-813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517
Section
Articles