Analisis Kompetensi Soft Skills di Era Disrupsi

Main Article Content

Charyn Harja Ryzana
S. Martono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen tingkatan soft skills siswa jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus dalam di era disrupsi. Populasi dalam pe- nelitian ini adalah siswa jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sejumlah 160 siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis angka indeks dalam penelitian ini yaitu soft skills yang dimiliki oleh siswa dilihat dari angka indeks masing–mas- ing atributnya tersusun menjadi atribut dengan nilai indeks tertinggi hingga terendah yaitu etika/integritas/tanggung jawab dengan nilai indeks 87,81%, motivasi diri dengan nilai indeks 87,63%, kerjasama/keterampilan interpersonal dengan angka indeks 86,94%, kemauan untuk belajar dengan nilai indeks 84,35%, pengambilan keputusan/ pemecahan masalah dengan nilai indeks 78,31% komunikasi dengan nilai indeks 74,01: dan manajemen waktu dengan nilai indeks 74,00%. Menunjukan bahwa soft skills yang dimiliki siswa jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai indeks 81,86%.

Article Details

How to Cite
Ryzana, C., & Martono, S. (2019). Analisis Kompetensi Soft Skills di Era Disrupsi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 782-796. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31521
Section
Articles