Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Main Article Content

Dwi Heny Siska Priani
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu sampel jenuh sebanyak 73 responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian data diperoleh persamaan regresi berganda yang selajutnya disingkat dengan MBS = 9,855 + 0,438 (KG) + 0,620 (FB)+ 0,646 (LK) + e. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel kompetensi guru, fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Variabel kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Variabel fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa dapat dicapai dengan meningkatkan kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga

Article Details

How to Cite
Priani, D., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379-390. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.31621
Section
Articles