Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Lesson Study

Main Article Content

Dyah Sukmasari
Indri Murniawaty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design. Subjek dalam penelitian ini diperoleh satu kelas dengan nilai paling rendah yaitu kelas X IPS 1 dengan diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbasis Lesson Study. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahwa model pembelajaran Group Investigation berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Hasil analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menunjukkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah bagi para peneliti selanjutnya sebaiknya dapat melakukan penelitian dengan membandingkan dua kelas yang diberikan perlakuan yang sama yaitu berbasis Lesson Study dengan model pembelajaran yang berbeda.

Article Details

How to Cite
Sukmasari, D., & Murniawaty, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Lesson Study. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1097-1114. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35713
Section
Articles