Peran Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Berwirausaha

Main Article Content

Rizka Apiatun
Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-efficacy sebagai variabel intervening pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan berwirausaha. Populasi pada penelitan ini adalah 132 siswa Pemasaran kelas XII SMK N 1 Slawi Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel sebanyak 57 siswa diperoleh setelah diolah dengan rumus Slovin dengan standar error 5%. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial 1) Ada pengaruh positif tapi tidak signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar (8,8%), 2) Ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan berwirausa sebesar (32%), 3) Ada pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap kesiapan berwirausa sebesar (43%), 4) Ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap self-efficacy sebesar (24%), 5) Ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman praktik kerja industri terhadap self-efficacy sebesar (53,8%), 6) Ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan (10,7%) dan pengalaman praktik kerja industri (23,3%) terhadap kesiapan berwirausaha melalui self-efficacy sebagai variabel mediasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa self-efficacy terbukti dapat menjadi variabel mediasi penguat pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan berwirausaha siswa.

Article Details

How to Cite
Apiatun, R., & Prajanti, S. (2019). Peran Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1163-1181. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35714
Section
Articles