Pengaruh Goal Orientation dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan Prestasi Akademik sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Maulana Adi Prabowo
Rediana Setiyani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh goal orientation, lingkungan keluarga melalui prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi sebagai variabel intervening terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah 109 siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Seluruh populasi dalam penelitian dijadikan unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan deskriptif, regresi linear berganda, jalur (Path) dan Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa goal orientation memengaruhi kesiapan kerja dan prestasi akademik serta lingkungan keluarga memengaruhi prestasi akademik. Saran kepada siswa lebih keras untuk menjadi yang terbaik di kelompok/di kelas, mengoptimalkan bekal ilmu dan keterampilan yang telah disampaikan oleh guru dan menjalin hubungan yang baik di keluarganya. Penelitian selanjutnya diharapkan membahas lebih jauh tentang siswa SMK yang memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan menggunakan variabel lain untuk dijadikan variabel mediasi karena pengaruh yang ada dalam penelitian ini tidak termasuk dalam full mediation.

Article Details

How to Cite
Prabowo, M., & Setiyani, R. (2019). Pengaruh Goal Orientation dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan Prestasi Akademik sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1001-1015. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35721
Section
Articles