Pengaruh Budaya Keluarga Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Main Article Content

Farikha Indah Cahyani
Widiyanto Widiyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh budaya keluarga dan karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015 yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan, yakni sejumlah 904 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 277 mahasiswa yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan teknik proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis statistic inferensial, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan budaya keluarga dengan minat berwirausaha, ada pengaruh positif dan signifikan karakteristik wirausaha dengan minat berwirausaha, ada pengaruh positif dan signifikan budaya keluarga dan karakteristik wirausaha secara bersama-sama dengan minat berwirausaha. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya keluarga jika meningkat satu poin maka minat brwirausaha akan meningkat sebesar 0,219 dan karakteristik wirausaha jika meningkat satu poin maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 0,500 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2015.

Article Details

How to Cite
Cahyani, F., & Widiyanto, W. (2019). Pengaruh Budaya Keluarga Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1115-1129. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35727
Section
Articles