Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Main Article Content

Yunita Dwi Aryanti
Muhsin Muhsin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas, dan kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan administrasi perkantoran kelas X, XI, dan XII sebanyak 204 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 136 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil perhitungan data diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 4,704 + 0,251X1 + 0,156X2 + 0,156X3 + 0,244X4 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas, dan kreativitas mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang.

Article Details

How to Cite
Aryanti, Y., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243-260. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37169
Section
Articles