Peran Self Efficacy Memediasi Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar

Main Article Content

Firmanda Amalia Putri
Subowo Subowo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy dalam memediasi pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi kelas X pada mata pelajaran akuntansi dasar SMK Pangudi Luhur Tarcisius 1 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Pangudi Luhur Tarcisius 1 Semarang tahun ajaran 2017/2018 dan sampel sebanyak 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung, prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar, pergaulan teman sebaya dan self efficacy. Self efficacy tidak dipengaruhi oleh fasilitas belajar, melainkan dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, pergaulan teman sebaya. Secara tidak langsung fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (13,94%) melalui self efficacy. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, pergaulan teman sebaya, dan self efficacy terhadap prestasi belajar, sedangkan fasilitas belajar tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan self efficacy dapat memediasi pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar.

Article Details

How to Cite
Putri, F., & Subowo, S. (2020). Peran Self Efficacy Memediasi Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 972-993. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42354
Section
Articles