Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Akuntansi dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Gandhis Arine Oktyama
Agus Wahyudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran langsung kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, dan insentif terhadap kinerja guru akuntansi serta peran tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, dan insentif terhadap kinerja guru akuntansi melalui motivasi kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 88 guru produktif akuntansi SMK Ekonomi Bisnis di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan menggunakan jumlah populasi sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru akuntansi sedangkan insentif tidak berpengaruh terhadap kinerja guru akuntansi. Lingkungan sekolah dan insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja sedangkan kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, dan insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru akuntansi melalui kinerja guru.

Article Details

How to Cite
Oktyama, G., & Wahyudin, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Akuntansi dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 994-1009. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42355
Section
Articles