ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 SEMARANG

Main Article Content

Desi Setiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dan faktor paling dominan yang mempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Semarang. Seluruh populasi yaitu kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Semarang dijadikan responden sejumlah 85 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa sejumlah 32 faktor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis faktor. Berdasarkan hasil pengujian analisis faktor terdapat 6 kelompok faktor yang terbentuk yaitu:  Kondisi Psikologis,  Lingkungan Belajar di Sekolah, Gangguan Belajar,  Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat dan  Kondisi Fisiologis. Saran untuk penelitian ini hendaknya siswa memaksimalkan faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi peningkatan hasil belajar ekonomi siswa.

This research aims to know factors and dominant factor which influenced economics learning outcomes grade XI social at SMA Negeri 2 Semarang. All students of population is being respondent which are student grade XI social are 85 students. Variabel of this research are factors who influenced student’s economic learning outcomes is 32 factors. Data accumulation methode are observation and questionnaire. Data analysis which used are presentation descriptive analysis and factor analysis. Based on result of testing factors analysis, there are 6 groups of factor that are: Psychology, School Environment,  Learning Disturbance, Family Environment, Society Environment; and Physiology. The suggestion is should all students improve factors which influenced increasing economics learning outcomes.


Article Details

How to Cite
Setiani, D. (1). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4414
Section
Articles

References

Depdiknas. 2003. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Maftukhah, Lina,dkk. 2012. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Plantungan Kabupaten Kendal. Dalam Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 1. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muvawala, Joseph. 2012. “Determinants of learning outcomes for primary education: A case of Uganda.” The African Statistical Journal. Vol 15. 42-54.

Proitz, Tine Z. 2010. “Learning outcomes: What are they? Who defines them?When and where are they defined?”. Educ Asse Eval Acc. Vol 22: 119-137.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.