MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI AP SMK N 2 MAGELANG

Main Article Content

Kharisma Hidayat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung kemandirian belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI AP SMK N 2 Magelang melalui motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK N 2 Magelang tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 105 siswa. Metode pengumpulan datanya dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh secara langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar dan terdapat pengaruh lingkungan keluarga secara langsung terhadap hasil belajar. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh tidak langsung kemandirian belajar dan lingkungan keluarga melalui motivasi belajar. Berdasarkan uji t, pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 3.145, pengaruh lingkungan keluarga sebesar 2.523 dan pengaruh motivasi belajar sebesar 3.353. Pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajarsebesar 0,370 dan pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 0,149..

 

The purpose of this study was to determine the direct and indirect influences of self learning and family environment toward XI grade students’ learning achievement of productive subjects in SMK N 2 Magelang through learning motivation. The population of this study were 105 XI grade students in SMK N 2 Magelang in the academic year of 2013/2014. The data were collected by documentation and questionnaires. The data were analyzed by descriptive analysis and path analysis. The result showed that there was direct influence of self learning on learning achievement and there was direct influence family environment on learning achievement. In this study also obtained the result that there were indirect influence of self learning and family environment through learning motivation. Based on the t-test, directly self learning influence 3.145 toward students’ learning achievement, directly family environment influence 2.523 toward students’ learning achievement and directly learning motivation influence 3.353 toward students’ learning achievement. Indirectly self learning influence 0.370 toward students’ learning achievement through learning motivation and indirectly family environment influence 0.149 toward students’ learning achievement through learning motivation.

Article Details

How to Cite
Hidayat, K. (1). MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI AP SMK N 2 MAGELANG. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4508
Section
Articles

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Grafika Offset, Cetakan Kedua, 2005.

Amrai, Kourosh, Shahrzad E.M., Hamzeh A.Z., Hadi H. 2011. ”The Relationship Between Academic Motivation and Academic Achievement students”. Dalam Procedia Social and Behavioral Sciences Vol 15 pages 399-402. University of Tehran.

Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H.Freeman and Company.

Daleure, Georgia., Rozz A, Khaleel H, Tarifa A, John M. 2013. “Home Environment, Family Involvement and Emirati College Student Academic Achievement”. Dalam Foundation For Policy Research Pages 7-34. Sheikh Saud Bin Saqr Al Qasimi.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fan, Weihua, Cathy M. Williams. 2010. “The Effect of Parental Involvement On Student’s Academic Self efficacy, Engagement and Intrinsic Motivation”. Dalam Educational Psycology Volume 30 No 1 pages 53-74. University of Houston.

Ghozali, Imam.2011. AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: UniversitasDiponegoro

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Ho, Esther Sui Cho. 2004.”Self-regulated Learning and Academic Achievement of Hongkong Secondary Student”. Dalam Education Journal Volume 32 No. 2 pages 88-107. The Chinese University of Hongkong.

Mulyasa.2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2009. ”PsikologiPendidikan”. Semarang: UPTUNNES Press.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Souresh, Kamal Heidari. 2013. “Self Regulation and Motivation Reconsideration Through Persian EFL Learner’s Writing Achievement. Journal of Research Volume XLIX pages 56-80.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya