PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Main Article Content

Arif Nur Prasetyo
Kusumantoro Kusumantoro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, fasilitas kerja, tingkat pendidikan dan kepemimpinan terhadap pengelolaan kearsipan di kantor kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai kantor kecamatan Wiradesa sebanyak 57 pegawai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, observasi, dokumentasi dan interview. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan garis regresi linier berganda yaitu Y = 34.975 + 0.210X1 + 0.358X2 + 0.472X3 + 0.179X4 + e. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya pengaruh secara parsial disiplin kerja sebesar 8.6%, besarnya pengaruh fasilitas kerja sebesar 8.9%, besarnya pengaruh tingkat pendidikan sebesar 10.6%, dan besarnya pengaruh kepemimpinan sebesar 8.7%. Sedangkan secara simultan disiplin kerja, fasilitas kerja, tingkat pendidikan dan kepemimpinan sebesar 79.2%.. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X Tata Niaga SMK N 1 Salatiga kurang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kompetensi pedagogik dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Adakah pengaruh positif kompetensi pedagogik dan disiplin belajar serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Selanjutnya adakah pengaruh positif kompetensi pedagogik dan disiplin belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar kewirausahaan.

Base observation at SMK N 1 Salatiga, known that haven't all student on ten grade Commerce reach the high score in learning achievement of entrepreneurial. Problem in this research is about influence pedagogic competence of teachers and discipline learning jointly toward learning achievement of entrepreneurial. Pedagogic competence of teachers and discipline learning and learning motivation toward learning achievement of entrepreneurial. Influence Pedagogic competence of teachers and discipline learning through learning motivation as an intervening variable toward learning achievement of entrepreneurial .The population of this study used the entire class of Ten Grade Commerce Student SMK N 1 Salatiga, it consisted of 75 students. This study did not use research sample, but it examined the entire population. The variable in this study was the independent variable of pedagogic competence of teachers (X1), discipline learning (X2), motivation to learn as an intervening variable (Y1) and learning achievement (Y2) as the dependent variable. Data collection methods : documentation and questionnaires or questionnaires. Methods of data analysis was descriptive analysis and analysis of the percentage of test paths ( path analysis ).

Article Details

How to Cite
Prasetyo, A., & Kusumantoro, K. (2015). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4667
Section
Articles

References

Achmad, Rifa’I dan Catharina, T. Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Ahmadi, Abu, 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Astuti, Puji Yulia. 2011. “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi Se Kota Dan Kabupaten Magelanag Tahun Pelajarn 2009/2010.” Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Unnes.

Ghozali, Imam.2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, Haji. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Khafid, Muhammad. 2008. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi: Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening”. Dalam Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 37 No. 1. Hal. 46-54. Semarang: UNNES.

Jannah, Miftakhul. 2013. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Pemanfaatan Perpustakaan dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA N 1 Kutowinangun (Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening).” Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Jejen Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ozel, Ali. The effect of Turkish geography teacher personality on his teaching experience. Dalam International Journal of Environment $ Science Education, 2007, 2(3), 75-78.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Reineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reineka Cipta.

Sulistiyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu Pekalongan.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi siswa. Jakarta : Gramedia.

Wardani, Kusuma Azizka. 2013. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar ( Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ma’arif Rujungan Blora).” Skripsi. Semarang: Fakultasnerbit Gava Media.