PENGARUH SUMBER BELAJAR, CARA BELAJAR DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Article Content

Wicaksono Adi Nugroho
Ahmadu Nurkhin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara bersama-sama  antara sumber belajar, cara belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, dan pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 118 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan sampel berjumlah 92 siswa. Metode pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara sumber belajar, cara belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 61,4%. Sumber belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 5,95%. Cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 13,76%. Disiplin berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 16,16%.

 

The purpose of this study was to determine whether there is influence jointly between learning resources, learning style and discipline toward learning achievement in economic, the influence of learning resources toward learning achievement in economic, the influence of learning style toward learning achievement in economic and the influence of discipline toward learning achievement in economic subject students in class XI IPS SMA State 2 Pekalongan City Academic Year 2013/2014. Population takes 118 students class XI IPS SMA State 2 year 2013/2014. Meanwhile, sample takes 92 stuents. Methods of data collection are questionnaires and documentation. Methods of data analysis using descriptive percentages and analysis multiple linear regression. The results showed that there is an influence jointly between learning resources, learning style and discipline toward learning achievement in economic by 61,4%. Learning resources affect toward learning achievement in economic by 5,95%. Learning style affect toward learning achievement in economic by 13,76%. Discipline affect toward learning achievement in economic by 16,16%.

Article Details

How to Cite
Nugroho, W., & Nurkhin, A. (2015). PENGARUH SUMBER BELAJAR, CARA BELAJAR DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4683
Section
Articles

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Mappeasse, Muh. Yusuf. 2009. Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK Vol.1, No. 2.

Mulyasa, Enco. 2009. Menjadi Guru Profesional :Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT RemajaRosdakarya Offset.

Nurdin. 2011.Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas, dan Sumber Belajar
Terhadap prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13
Bandar Lampung.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 8 No. 1
Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Pasternak, Rachel. 2013. Discipline, learning skills and academic achievement. Journal of Arts and Education. Volume 1(1).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sianipar, Saleman. 2011. Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dan Komunikasi Interpersonal dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa X SMA Swasta Se Kecamatan Sunggal. Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana UNIMED.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algesindo.

Sugiharto. 2007. Pengaruh Sifat Pola Asuh Orang Tua dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. GramediaWidiasarana Indonesia.

Valshnav, Rajshree S. 2013. Learning Style and Academic Achievement of Secondary School Students. Voice of Research. Volume 1. Chirayu K. C Bajaj College of Education.
.