PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (STUDI PADA SISWA KELAS X IIS 3 SMA 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015)

Main Article Content

Kurnia Norma Handayani
Syamsu Hadi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya kemampuan analisis masalah ekonomi sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa akan materi dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kurang optimal, selain itu karena metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu menggunakan ceramah tanpa variasi sedangkan karakter materinya adalah teoritis dan membutuhkan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis masalah ekonomi dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan analisis masalah ekonomi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini diperoleh data kemampuan analisis siswa siklus I nilai rata-rata 73,94 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,94%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,29 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,35%, aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I cukup dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik.

 

The background of this research is the lack of knowledge in economic problems so students learning outcomes less optimal, moreover because the learning method that is used is not appropriate to use the oral speech without variation while the character is doctrinaire and needing analysis. This research aims to know improving the analysis ability on the subject economic problems with problem based learning model and how the use problem based learning can improving the analysis ability on the subject economic problems. The subject of this research is the class X IIS 3 SMA 1 Bae Kudus. This study is an action research conducted in two cycles. The research finding showed that analysis ability in learning cycle I average grade is 73,94 with percentage of classical completeness is 52,94%, in cycle II average grade increase to 82,29 with percentage of classical completeness is 82,35%, activity of the teacher in learning cycle I is good, in learning cycle II increase to very good, activity of the students in learning cycle I is enough, in learning cycle II increase to very good.

Article Details

How to Cite
Handayani, K., & Hadi, S. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (STUDI PADA SISWA KELAS X IIS 3 SMA 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015). Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4685
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

____2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Made Cahyadi Sudarman, Gede. 2012. “ Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah ( Problem-Based-Learning ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Sawan “. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. UNDIKSHA.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Barbasis Kompetensi. Bandung:Rosdakarya.
Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan .Semarang : UPT Unnes Press.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.