PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH JENIS PENGGANDAAN DOKUMEN YANG SESUAI DI SMK NASIONAL PATI

Main Article Content

Lova Loveiana
Muwartiningsih Muwartiningsih
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Pati pada kompetensi dasar memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai. Sampel  pada penelitian ini berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa terjadi kenaikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus 1 dan siklus 2, dengan jumlah rata-rata siklus 1 (satu) mendapat skor sebesar 16 yang termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus 2 (dua) naik menjadi 26,4. Dimana siswa sudah aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sebagian besar siswa sudah banyak yang mengajukan pertanyaan dari materi yang menurut siswa belum memahami, siswa juga banyak yang mencatat poin-poin penting yang disampaikan pada saat kegiatan belajar mengajar.

 

The problem in this research is whether the model of learning Teams Games Tournament (TGT) can be increasing the activity of learning a student xi.administrasi offices in SMK Nasional Pati on the basis competence select the one doubling document accordingly. The samples on this research totalled 37 students. Data collection method documentation and interviews. Methods of data analysis using qualitative descriptive analysis. A descriptive analysis of the results showed that students in activity occurred in the study of cycle 1 and cycle 2, with the average number of cycles 1 (one) Gets a score of 16 was included in the category is sufficient and in cycle 2 (two) rose to 26,4. Where students have been active in the bengajar learning activity, most of the students there have been many who ask questions of material according to the students have yet to understand, many students also noted the key points presented in the teaching and learning activities.

Article Details

How to Cite
Loveiana, L., Muwartiningsih, M., & Ismiyati, I. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH JENIS PENGGANDAAN DOKUMEN YANG SESUAI DI SMK NASIONAL PATI. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4688
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

________. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Baharudin dan Esa Nur Wahyudi. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Depdiknas. 2005. Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khudori, Mukh. Dkk. 2012. Pembelajarn IPA dengan Model TGT menggunakan Media Game Ular Tangga dan Puzzle ditinjau dari Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa. Surakarta: Jurnal USM.

Mulyono, Anton. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teoridan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar.