PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Novita Sari
Murwatiningsih Murwatiningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inquiry Learning dalam meningkatkan hasil belajar pengantar administrasi perkantoran siswa kelas X APSMK PGRI 2 Salatiga. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan siklus yang terdiri dari tiga siklus. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP C semester 1 tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode test dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Inquiry Learning. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa setalah penerapan model Inquiry Learning yaitu 74,05 dengan ketuntasan klasikal 62,5%, siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,25 dengan ketuntasan klasikal 72,5%, dan pada siklus III 82,25 dengan ketuntasan klasikal 80%.

The purpose of this research was to know the application of Inquiry Learning Model to increase the learning outcomes of 10th Grade Students for Introduction to Office Administration class at SMK PGRI 2 Salatiga. The approach of this research was consisted of 3 cycles. The subject of this research were 40 students of 10th Grade class C of Office Administration in the first semester in academic year of 2014/2015. The data were collected by test and observation. The result of the study showed that students’ learning outcomes increased after the application of Inquiry Learning Model. The students’ learning outcomes average at the 1st cycle was 74.05 with classical learning completeness was 62.5%. Next, the result of students’ learning outcomes at the 2nd cycleincreased up to 79.25 with classical learning completeness was 72.5%, and at the 3rd cycle, it went up to 82.25 with classicallearning completeness was 80%.


Article Details

How to Cite
Sari, N., & Murwatiningsih, M. (1). PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4692
Section
Articles

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contektual Teaching & Learning). Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Mulyono, Anton. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Dunia Pustaka.

Ndirangu, M, dkk. 2014. “Effects of inquiry-based teching approach on Secondary School Students’ achievement and motivation in Physics in Nyeri County, Kenya”. Dalam International Journal of Academic Research in Education and Revie. Kenya: Egerton University.

Nurwati, Tri. 2010. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 02 Purworejo Semester Genap Tahun 2010/2011”. Dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Purwokerto.
Panitia Sertifikasi Guru (PSG). 2013. Modul PLPG Administrasi Perkantoran. Malang: UNM Press.
Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Rachmawati, Dyah Nurani. 2009. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Melalui Metode Inquiry”. Dalam Laporan Hasil Penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni, dkk. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.