PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SOLIHIN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Alam Winulang
Subkhan Subkhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin belajar, gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Solihin Kabupaten Magelang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa di SMA Solihin Kabupaten Magelang, seluruhnya dijadikan responden penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Variabel yang diteliti meliputi disiplin belajar, gaya belajar dan lingkungan keluarga sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikatnya. Metode pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara disiplin belajar, gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (83,4%). Disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (8,53%). Gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (11,97%). Lingkungan Keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (11,77%).

This study aims at finding out if the influence of discipline, learning style and family environment to the student achievement of economic subjects IPS high school students of class XI Solihin Kabupaten Magelang either simultaneously or partially. The population in this study amounted to 52 students in high school Solihin Kabupaten Magelang. Variables examined discipline, learning stlye, and family environment to learn as independent variables and learning achievement as the dependent variable. The questionnaire method of data collection and documentation. Methods of data analysis using descriptive, multiple linear regression, F-test, t test, simultaneous determination coefficient (R2) and partial coefficient of determination (r2). The results show that there is an influence simultaneously between discipline, learning style and family environment on the learning achievement of economic subjects by 83.4%. Discipline of learning affects the learning achievement of economic subjects was 8.53%. Learning style affects the learning achievement of economic subjects was 11.97%. Family environment effect on learning achievement of economic subjects at 11,77%.


Article Details

How to Cite
Winulang, A., & Subkhan, S. (1). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SOLIHIN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4697
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri, dkk. 2010. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES PRESS.
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.

Damayanti , Fitri. 2013. Pengaruh Disiplin Belajar, Kesiapan Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2008. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kartini Kartono. 1985. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: CV. Rajawali

Khafid, Muhammad. 2007. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Fakultas Ekonomi Unnes.

Mulyasa, 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munib, Achmad. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Partono dan Tri Minarni. 2005. Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi Unnes.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umun Program Study Pendidikan Biologi Universitas Cendrawasih. Jurnal. Pendidikan Biologi Universitas Cendrawasih.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin dan Perilaku Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Grasindo.

Violita, Fanny. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1
Payukumbu. Jurnal. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.