PENGARUH PERANAN KELUARGA, INTERAKSI TEMAN SEBAYA, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI IPS DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA 2 KUDUS

Main Article Content

Pandhu Akbar Negara
Lyna Latifah

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara peranan keluarga, interaksi teman sebaya, dan kompetensi guru terhadap karakter siswa kelas XI IPS di SMA 2 Kudus baik secara simultan ataupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS di SMA 2 Kudus yang berjumlah 99 orang. Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini disebut penelitian populasi Metode pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Sedangkan metode analisis data mengguanakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil  penelitian menunjukan bahwa peranan keluarga, interaksi teman sebaya, dan kompetensi guru secara simultan berpengaruh terhadap karakter siswa kelas XI IPS di SMA 2 Kudus sebesar 57,9%. Sedangkan secara parsia, variabel peranan keluarga berpengaruh sebesar 5,71%, variabel interaksi teman sebaya berpengaruh sebesar 5,29%, dan variabel kompetensi guru berpengaruh sebesar 11,69%.

The purpose of this study was to determine the role of the family is there any influence, peer interaction, and teacher competence on the character class XI IPS in SMA 2 Kudus either simultaneously or partially. The population in this study were all students of class XI IPS in SMA 2 Kudus totaling 99 people.Because the population less than 100, this study called a population study. Methods of data collection using the questionnaire / questionnaire. While the method of data analysis mengguanakan descriptive analysis and multiple regression analysis. The results showed that the role of family, peer interaction, and the competence of teachers simultaneously affect the character of class XI IPS in SMA 2 Kudus of 57.9%. While the Parsia, family role variables influence of 5.71%, the variable peer interaction effect of 5.29%, and the variable effect of teacher competence of 11.69%.


Article Details

How to Cite
Negara, P., & Latifah, L. (1). PENGARUH PERANAN KELUARGA, INTERAKSI TEMAN SEBAYA, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI IPS DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA 2 KUDUS. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4698
Section
Articles

References

Ahmadi, Drs.Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Bandung: PT.Refika Aditama.

Galeh Nur, Indriatno Putra. 2012. Hubungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat terhadap Karakter Siswa SMK Negeri Kelompok Teknologi Se-Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maftuhin.2010. Pengaruh pendidikan keluarga dan kompetensi guru terhadap pembangunan karakter (Character Building) siswa kelas VIII SMP Al-Izzah Islamic School boarding Batu Jurnal Tesis.Universitas Muhammadiyah Malang.

Hurlock, Elizabeth. 1999. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : PT.Gelora Bumi Aksara

Mappiare, Andi. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Santoso, Jarot Tribowo. 2011. Strategi Pembelajaran Ekonomi Akuntansi dan Aplikasinya. Semarang : CV.Ghyyas Putra.

Thartaraharja, Umar dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Surabaya: : Rineka Cipta
Undang – Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Widiastuti,Hartatik.2010.Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter. Jurnal
Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusuf, Syamsu.2006.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: PT Rosdakarya.