PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKONOMI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED-INSTRUCTION (PBI) SISWA KELAS X IS 5 MAN KEBUMEN 1

Main Article Content

Endah Tri Astutik
Syamsu Hadi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa, selain itu karena metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu menggunakan ceramah atau metode konvensional sedangkan karakter materinya adalah analistik dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based-instruction (PBI) dan apakah model problem based-instruction (PBI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IS 5 MAN Kebumen 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik, presentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik, rata-rata kelas yang dicapai dalam kategori baik dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi kategori sangat baik.

The background of this study is the lack of ability of students  understanding of concepts, and also because the learning method that is used is not appropriate to use a lecture or a conventional method while the character is analytics and applicable material. This study aims to determine how the application of the model problem based-instruction (PBI) and whether the model of problem-based instruction (PBI) can improve understanding of the concept. The subjects of this study were students of class X IS 5 in MAN Kebumen 1. This research is a class act that is performed in 2 cycles. The results of this study showed the percentage of students in the learning activities of the first cycle with a good category and the second cycle increased to very good category, the percentage of teachers in the learning activities of the first cycle with a good category and the second cycle increased to very good category, the average grade achieved in both categories and the second cycle the average class into the excellent category.

Article Details

How to Cite
Astutik, E., & Hadi, S. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKONOMI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED-INSTRUCTION (PBI) SISWA KELAS X IS 5 MAN KEBUMEN 1. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4726
Section
Articles

References

I Gusti Agung Nyoman Setiawan. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X 2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Undhiksa.

Sri Wahyuni dan Anis Kristianingrum. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Dan Peran Aktif Siswa Melalui Model PBI Dengan Media CD Interaktif Pada Siswa Kelas XI SMA Ksatrian Semarang. Jurnal UNNES.

Siswoyo, Dedi. 2011. Seminar Pemahaman Konsep. Seminar Nasional Universitas Sriwijaya.

Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta : PT Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.