EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN PERMINTAAN, PENAWARAN DAN TERBENTUKNYA HARGA PASAR SISWA KELAS VIII SMP 2 BAE KUDUS

Main Article Content

Nailul Hana
Syamsu Hadi
Marimin- Marimin

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah menentukan keberhasilan pembelajaran. Belajar mengajar merupakan dua konsep yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Berdasarkan observasi awal guru pelajaran IPS masih menggunakan metode ceramah atau konvensional. Hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP 2 Bae Kudus menunjukan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep IPS dapat dilihat dari nilai rata-rata mata pelajaran IPS Terpadu kurang dari 75.Jenis penelitian ini adalah penelitian True ExperimentalDesign dengan menggunakan rancangan Control group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP 2 Bae Kudus.Sampelnya adalah kelas VIII F dan VIII G SMP 2 Bae Kudus Tahun Ajaran 2011/2012.Variabel bebas meliputi penerapan metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran konvensional.Dan variabel terikat meliputi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP 2 Bae Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes.Hasil penelitian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal telah dicapai dengan metode pembelajaran inkuiri yaitu sebesar 86%. Sedangkan dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 63%. Gain kelas ekperimen yaitu 0.55 dan gain kelas kontrol sebesar 0.37. dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang.

The process of teaching and learning in schools to determine successful learning. Teaching and learning are two concepts that can not be separated from one another. Based on preliminary observations are social studies teachers use the lecture method or conventional. Integrated learning outcomes IPS eighth grade SMP 2 Bae Kudus shows lack of understanding of the concept of IPS students can be seen from the average value of integrated social studies less than 75. Type of research is a True Experimental Design using design Control group pretest-posttest. The population of this study was a class VIII SMP 2 Bae Kudus. The sample is a class VIII F and VIII G SMP 2 Bae Kudus Academic Year 2011/2012. The independent variables include the application of methods of inquiry learning and conventional learning methods. And the dependent variable include improving student learning outcomes eighth grade SMP 2 Bae Kudus. Methods of data collection and documentation using the test methods. The results of student learning outcomes completeness classically been achieved by the inquiry method of learning by 86%. While conventional teaching method by 63%. Gain experimental classes are 0.55 and gain control class at 0.37. it can be concluded that the experimental class and control class increased learning outcomes with the criteria being.

Article Details

How to Cite
Hana, N., Hadi, S., & Marimin, M.-. (1). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN PERMINTAAN, PENAWARAN DAN TERBENTUKNYA HARGA PASAR SISWA KELAS VIII SMP 2 BAE KUDUS. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/533
Section
Articles

References

Ahmadi, Iif K. & Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pusaka

Arikunto, S. 2006. ProsedurPenelitian. Jakarata: Rineka Cipta

Haryati, T. & Fandi A. K. 2008. “Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Pasar dengan Menerapkan Metode
Pembelajaran Inkuiri”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No.2. Hal 175-196 Semarang: UNNES

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Putra Grafika

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka