EFEKTIFITAS METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DAN METODE KONVENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Article Content

Resi Mayangsari
Fx. Sukardi Fx. Sukardi
Kusumantoro Kusumantoro

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode (PQ4R) dapat   meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA PGRI Gumelar Kab. Banyumas tahun pelajaran 2011/2012 dan untuk mengetahui apakah penggunaan metode (PQ4R) lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan metode (PQ4R) pada mata pelajaran IPS ekonomi satndar kompetensi uang dan lembaga keuangan efektif untuk  dapat  meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA PGRI Gumelar Kab. Banyumas tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penggunaan metode (PQ4R) lebih efektif daripada metode konvensional pada pembelajaran IPS ekonomi standar kompetensi uang dan lembaga keuangan pada siswa kelas X SMA PGRI Gumelar kab. Banyumas tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata – rata post test untuk kelas eksperimen sebesar 78,57 dan kelas kontrol sebesar 75,31.       Simpulan dalam penelitian ini yaitu penggunaan metode (PQ4R) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, dan lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS ekonomi standar kompetensi uang dan lembaga keuangan pada siswa kelas X SMA PGRI Gumelar kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2011/2012. Saran dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran (PQ4R) dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam rangka menambah variasi model mengajar karena efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, perlu adanya belajar kelompok yang efektif untuk melatih tingkat sosial siswa, dan perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Goals to be achieved in this study was to determine whether the use of the method (PQ4R) can improve learning outcomes and learning activities of high school class X PGRI Gumelar Kabupaten Banyumas school year 2011/2012 and to determine whether the use of the method (PQ4R) is more effective than conventional methods. The hypothesis in this study is the use of the method (PQ4R) in the subject economic IPS satndar competence money and financial institutions effectively to improve learning outcomes and learning activities of high school class X PGRI Gumelar Kab. Banyumas school year 2011/2012. The results showed that, using method (PQ4R) is more effective than conventional methods in teaching social studies standards of competence of the money economy and financial institutions in class X PGRI Gumelar school districts. Banyumas school year 2011/2012. This can be evidenced from the average - average post test for the experimental class at 78.57 and 75.31 for the control class. The conclusions in this study is the use of the method (PQ4R) can improve learning outcomes and student activities, and more effective than conventional methods of student learning outcomes in social studies learning standards of competence of the money economy and financial institutions in class X PGRI Gumelar school districts. Banyumas school year 2011/2012. Suggestions in this research that learning with learning models (PQ4R) can make as an alternative learning for teachers in order to increase the variety of teaching models as effective in improving student learning outcomes and activities, the need for effective group learning to train the students' social level, and the need for further research in order to improve learning outcomes and student activities.

Article Details

How to Cite
Mayangsari, R., Fx. Sukardi, F. S., & Kusumantoro, K. (1). EFEKTIFITAS METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW DAN METODE KONVENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/536
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugandi, Ahmad dkk. 2005. Teori Pembelajaran. Semarang : UNNES PRESS

Tri Anni,Catharina dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES PRESS

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka