PENGARUH PRAKERIN, PRESTASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA

Main Article Content

Desi Indah Lestari
Harnanik Harnanik
Syamsu Hadi

Abstract

Minat siswa untuk menjadi seorang wirausaha dipengaruhi oleh faktor intern, maupun faktor ekstern, diantaranya adalah praktik kerja industri, prestasi belajar dan lingkungan keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh prakerin, prestasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa baik secara parsial maupun simultan. Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk praktik kerja industri signifikansi 0,004 < 0,05, prestasi belajar dengan signifikansi 0,000 < 0,05dan lingkungan keluarga dengan signifikansi 0,028 < 0,05. Hasil uji simultan (Uji F)dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti ada pengaruh prakerin, prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha secara parsial maupun secara simultan. besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel praktik kerja industri sebesar 11,16%, prestasi belajar sebesar 19,36% dan lingkungan keluarga sebesar 6,76%. Secara simultan sebesar 54,6% selebihnya 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Interest of the student to become an entrepreneur is influenced by internal factors, and external factors, including the practice of industrial work, school performance and family environment. The problem in this study is: Is there any influence prakerin, academic achievement, and family environment to students' interest in entrepreneurship either partially or simultaneously. Regression test showed partial assay results for industrial work practices significance 0.004 <0.05, significant achievement by 0.000 <0.05 and a family environment with significance 0.028 <0.05. The results of simultaneous test (F test) with significance 0.000 <0.05 means that there is an influence prakerin, school performance and family environment for the partial interest in entrepreneurship and simultaneously. partially to the influence of the variable work practices by industry 11.16%, 19.36% for achievement and family environment of 6.76%. Simultaneously for the remaining 54.6% 45.6% influenced by other factors not examined in this study.

Article Details

How to Cite
Lestari, D., Harnanik, H., & Hadi, S. (1). PENGARUH PRAKERIN, PRESTASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/541
Section
Articles

References

Alma, Buchori. 2010. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta

Fx. Muhadi. 2005. Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK suatu Survei pada 3 SMK Negeri dan 7 SMK Swasta di DIY. Widya Dharma Vol.16 No.1 Oktober 2005. Faculty of Management and human Resource Development Universiti Teknologi Malaysia

Putra, Aditya Indra. 2009. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Texmaco Pemalang. Dalam jurnal PTM Vol.9 No.1. Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

R. Ahmad, Mun’im. Hubungan Prestasi Belajar Program Diklat Kewirausahaan Dengan Minat Berwiraswasta Siswa Kelas III SMK Negeri 1 Samarinda. www.guruvalah.20m.com.