PENGARUH PERSEPSI SIWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR IPS KELAS VIII SMP N 3 PURBALINGGA

Main Article Content

Muhammad Feriady
Harnanik Harnanik
St. Sunarto St. Sunarto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 12,347 + 0,206 X1 + 0,179 X2 dengan uji simultan diperoleh F hitung=13,4 dan signifikansi 0,000<0,05 menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan ada pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar. Besarnya R square sebesar 26,5%. Uji partial diperoleh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar dengan t hitung=2,381 dan signifikansi 0,02<0,05 menerima H2 yang menyatakan ada pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar. Fasilitas belajar siswa dengan t hitung=2,115 dengan signifikansi 0,032<dari 0,05 menerima H3 yang menyatakan ada pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar. Simpulan dari penelitian ini dalah Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap minat belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah kepada guru agar dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada pelajaran IPS dan kepada sekolah diharapkan untuk meningkatkan ketergunaan peralatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.


The purpose of this research is to know whether there is effect of students perception of teachers skill and learning fasilitise related to students interest in IPS clas VIII SMP N 3 Purbalingga. From regression analytic result, we get regression Y equality = 12,347+0,206X1+0,179X2. By simultaneous test, we get F count= 13,4 and signification 0,000<0,05 regret H0 and accept H1that said there effect of student perception about teachers teaching skill and facilities of students learning. The amount of R squere is 26,5%. Partial test obtained about teachers teaching skill with t count=2,381 and signification 0,02<0,05 accept H2 that said that theres effect of student perception about teachers teaching skill related student interest in IPS. Facilities of learning with t count=2,115 with signification 0,032<0,05 accept H3 that said theres effect of student learning facilities to student interest in IPS. The conclution of this research is that students perception about teachers teaching skill and facilities of learning affect to student interest in IPSof class VIII SMP N 3 Purbalingga. Advice that I can this research is theacher sould improve intention to learn IPS and school should improved usability of learning tools well.

Article Details

How to Cite
Feriady, M., Harnanik, H., & St. Sunarto, S. S. (1). PENGARUH PERSEPSI SIWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR IPS KELAS VIII SMP N 3 PURBALINGGA. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/544
Section
Articles

References

Abrror, Abdul Rachman. 1998. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana

Anni, Catarina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press

Djali, Haji. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Gie, The Liang. 2002. Cara belajar yang efektif. Yogyakarta: liberty

Hurlock, Elizabet. 2004. Perkembangan Anak (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Pedoman Badan Standar Nasional Pendidikan 2006
Shaleh, Abdul Rahman & Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif islam. Jakarta: Prenanda Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta