EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) POKOK BAHASAN PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN TERBENTUKNYA HARGA PASAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Article Content

Febri Munda Aji Qisthy
Fx. Sukardi Fx. Sukardi
Tarsis Tarmudji

Abstract

Pembelajaran pada umumnya dilaksanakan oleh guru banyak menekankan pada aspek pengetahuan dan pemahaman. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang inovatif, aktif dan kreatif salah satunya adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam menguasai materi pembelajaran guna mencapai hasil yang maksimal. Permasalahannya dalam penelitian ini adalah model pembelajaran manakah yang dapat meningkatkan hasil belajar dan yang lebih efektif antara pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Konvensional. Berdasarkan uji peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata post tes 81,84 dan rata-rata kelas kontrol 74,76 maka dapat disimpulkan bahwa data akhir (post test) kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Dari hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata rata presentase keaktifsn siswa dengan model CTL lebih tinggi yaitu 68% dibandingkan dengan metode konvensional yaitu 59%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis, penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dari pada metode konvensional pada pembelajaran IPS ekonomi standar kompetensi permintaan, penawaran, dan tebentuknya harga pasar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cilacap tahun pelajaran 2011/2012.

Lessons are generally held by many teachers emphasize the aspects of knowledge and understanding. It required an innovative learning method, one active and creative approach is Contextual Teaching and Learning (CTL). These lessons can help students in mastering the learning materials in order to achieve maximum results. The problem in this study is a model of learning which can improve learning outcomes and the more effective the learning Contextual Teaching and Learning (CTL) with Conventional. Based on the test improved learning outcomes in the experimental class gained an average of 81.84 and a post-test control class average 74.76, it can be concluded that the data end (post-test) the experimental group is higher than the control class. From the observation of student activity obtained average - the average percentage of students keaktifsn CTL model is 68% higher compared to the conventional method of 59%. From the calculation results of hypothesis testing, the use of a Contextual Teaching and Learning (CTL) is more effective than conventional methods of teaching social studies competency standard economic demand, supply, and market prices tebentuknya eighth grade students of SMP Negeri 5 Cilacap school year 2011/2012.

Article Details

How to Cite
Qisthy, F., Fx. Sukardi, F. S., & Tarmudji, T. (1). EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) POKOK BAHASAN PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN TERBENTUKNYA HARGA PASAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/547
Section
Articles

References

Andhy, Setiyadi. 2009. “Perbandingan Penggunaan Metode Pembelajaran CTL dengan Metode Konvensional dalam Materi Pokok Angkatan Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Mranggen Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Johnson, Elaine, 2010. Contextual Teaching and Learning. Terjemahan Ibnu Setyawan. Bandung: Kaifa

Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. 2011.Model – Model Pembelajaran Inovatif BerorientasiKonstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka