PENERAPAN TEKA-TEKI SILANG PADA STENOGRAFI DENGAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI

Main Article Content

Farih Mansur
Marimin Marimin
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Pembelajaran Stenografi di kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Bangsri memiliki indikasi motivasi belajar yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah adakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan media teka-teki silang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan motivasi dan hasil siswa. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrument penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus, lembar observasi motivasi siswa, dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil siklus I rata-rata motivasi siswa sebesar 57,35%, pada siklus II meningkat menjadi 79,0%. Hasil belajar secara keseluruhan pada siklus I sebesar 62,2% pada siklus II meningkat menjadi 86,5%. Kesimpulannya adalah penerapan media Teka-teki Silang pada pembelajaran Stenografi dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar  siswa.

Student motivations in Stenography learning in class X Office Administration 2 are low. Problem in this research is there increase motivation and students learning outcomes after application of Cross Puzzle Media in Stenography Learning with STAD. Purpose of this research is known to motivation increases and students learning outcomes. The procedure of this research is a cyclical activity that consists of two cycles, in which each cycle includes planning, implementation of the action, observation, and reflection. The instruments of this study are evaluation sheets for the end of each cycle, observation student sheets, and the questionnaire. Based on the results, the first cycle shows that the average motivation is  57.35% , than it increase sto 79.0% on the second cycle. Whole learning outcomes in the first cycle is 62.2%, and  at the second cycle increases to 86.5%. Concluded that the application of Cross Puzzle Media in Stenography Learning with STAD has increased the students' motivation and learning outcomes of class X AP 2 of SMK Negeri 1 Bangsri.

Article Details

How to Cite
Mansur, F., Marimin, M., & Ismiyati, I. (1). PENERAPAN TEKA-TEKI SILANG PADA STENOGRAFI DENGAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/560
Section
Articles

References

Anni, C.T. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Unnes.
Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana, nana dan Ahmad, Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustidaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-model Pemelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Pustaka Publisher.