PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Main Article Content

Fitriana Alfah Nur
Palupiningdyah Palupiningdyah
Partono Partono

Abstract

Proses pembelajaran yang variatif akan membantu siswa dalam pemahaman materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Pada sekolah MA Yasis AT-Taqwa Pahesan, model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Disini siswa kurang berperan aktif dalam proses belajar mengajar dan siswa akan cenderung merasa bosan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 64,58 dengan ketuntasan klasikal 54,16%, sedangkan untuk siklus II nilai rata-ratanya 79,79 dengan ketuntasan klasikal 79,16%. Pada siklus I aktivitas siswa 55,47% dan siklus II menjadi 76,54%. Sedangkan kinerja guru pada siklus I 51,42% dan meningkat disiklus II 91,42%.

The learning processwill help studentsvariedin understandinglearning materialsprovided bythe teacher. AtschoolMAYasisAT-Taqwa Pahesan, learning modelused is stillusingconventionallearning models. Here thestudents areactively involved inthe learning processand students willtend to feelbored. To solvethe problem, the researcher tried toapply thelearning modelContextual Teaching andLearning(CTL) as an effort toimprove student learning outcomes. The design ofthis studyisaction researchwithtwocycles, each cycleincluding planning, implementation, observationand reflection. The result showedthe average valuein the first cycleis64.58withclassical completeness54.16%, while forthe second cycleaverage value79.79withclassical completeness79.16%. In the first cycleof student activityand55.47% to76.54% the second cycle. While theperformance of teachersin the first cycleincreased51.42% andincreased91.42% in thesecond cycle.

Article Details

How to Cite
Nur, F., Palupiningdyah, P., & Partono, P. (1). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/561
Section
Articles

References

Sugandi, Ahmad dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES
Hufad, Ahmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam. Departemen Agama Republik Indonesia
Nur’aini. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Cipta Media
Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES
Bettye P. Smith.2006. “Contextual Teaching and Learning Practices In The Family And Consumer Sciences Curriculum”. Dalam Journal Of Family and Consumer Sciences Education, Volume 24 no.14. Hal 14-27 Georgia: University of Georgia