EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM

Main Article Content

Swesty Wirasanti
Partono Thomas
Rediana Setiyani

Abstract

 

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 11 Semarang diketahui prestasi belajar akuntansi siswa pada jurnal umum kelas XI IPS tergolong rendah. Pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah apakah metode STAD lebih efektif dalam meningkatkan pretasi belajar siswa kompetensi dasar jurnal umum. Metode pengambilan data adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t Test, Independent Sample t Test, dan One Sample t Test. Berdasarkan uji tahap akhir nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat, nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata postest kelas kontrol dan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan diatas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran STAD lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kompetensi dasar jurnal umum.


Based on preliminary observations in SMA 11 Semarang in mind that accounting students' learning achievement in the general ledger XI IPS is still relatively low. Learning that teachers do is lecture method. The purpose of this study was to determine whether the STAD method can improve learning achievement. Method using the method of documentation, test, and observation. Testing the hypothesis using a paired sample t test Test test, independent sample t test, and test One Sample t Test. Based on the final stages of testing  the value of the average post-test experimental class higher than the control class. Based on these results it can be concluded STAD learning methods is more effective in improving student’s learning achievment in general ledger accounting.

Article Details

How to Cite
Wirasanti, S., Thomas, P., & Setiyani, R. (1). EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/600
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Pujiati, Irma. 2008. Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.1, No 1 diperoleh dari http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/61084351.pdf ( 5 Februari 2012)

Slavin, Robert E. 2010. Cooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Suprijono, Agus. 2011. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Triyanto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Siswa Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo