PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU

Main Article Content

Atik Novitasari
Agus Wahyudin
Rediana Setiyani

Abstract

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, pendidikan, dan pelatihan terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA se-Kabupaten Kendal baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu pada 50 guru. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, pendidikan, dan pelatihan memberikan kontribusi sebesar 76,2% terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA se-Kabupaten Kendal. Dan kontribusi parsial dari kepemimpinan kepala sekolah sebesar 23,91%, lingkungan kerja sebesar 10,82%, pendidikan sebesar 11,90%, dan pelatihan sebesar 9,18%.

The teacher performance is the result of work accomplished by a teacher in carrying out their duties in accordance with the responsibilities assigned to him. Research objective is to determine how much influence the principals leadership, work environment, education, and training on teacher performance economics / accounting SMA as Kendal either simultaneously or partially. This study is a population that is at 50 teachers. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Based on the results of the study indicate the principal leadership, work environment, education, and training contributed 76.2% to the economy of teacher performance / accounting school as Kendal. And the partial contribution of the leadership of the principal amount 23.91%, 10.82% of the working environment, education amounted to 11.90%, and 9.18% for training.

Article Details

How to Cite
Novitasari, A., Wahyudin, A., & Setiyani, R. (1). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/666
Section
Articles

References

Djatmiko, Eko. 2006. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Semarang. Dalam Fokus Ekonomi: Vol. 1No. 2 Desember 2006: 19-30

Handayani, Bekti. 2005. Pengaruh tingkat pendidikan, sarana prasarana, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Karangdowo. Tesis. UMS

Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kompetensi guru. http://luk.staff.ugm.ac.id/ atur/Permen16-2007KompetensiGuru.pdf

Rizal, Yon. 2010. Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja dengan Etos Kerja Guru dan Karyawan di SMK Arjuna Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009. Dalam JPP, Volume 8 Nomor I, Maret 2010
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas. pdf

Wardana, Ludi Wishnu. 2008. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Dalam Jurnal Ekonomi manajemen dan Bisnis (EMAS), Vol. II,No. I, April 2008