PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN KINERJA PUSTAKAWAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2014/2015

Main Article Content

Rudi Irianto
Marimin Marimin

Abstract

Minat baca siswa yang tinggi tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan yang ada di perpustakaan SMK Negeri 9 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya fasilitas perpustakaan yang memadai, rendahnya ketrampilan pustakawan SMK Negeri 9 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung = 188,745 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 4,045 + 0,56X1 + 0,567X2. Besarnya pengaruh secara simultan antara fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan terhadap minat baca yaitu 58%. Pengaruh secara parsial variabel fasilitas perpustakaan terhadap minat baca sebesar 21,44%, sedangkan untuk variabel kinerja pustakawan adalah sebesar 26,73%.

High of student interest in reading must be influenced by several factors, such as library facilities and the performance of librarians in the library Vocational High School 9 Semarang. Problems in this study is the lack of adequate library facilities, lack of skills librarians SMK 9 Semarang. Data collection method used is the method of questionnaire and observation. Data were analyzed using descriptive analysis of the percentage, classical assumptions and multiple linear regression analysis. The significance of the test equation as calculated from the F test was 188.745 with probability was 0.000 < 0.05, while the results of multiple linear regression analysis with the equation Y = 4.045 + 0.56X1 + 0.567X2. The simultaneous influence of library facilities and performance of librarian toward the  student interest in reading  was 58%. The influence of partial variabel library facilities for reading of 21.44%, while for the variabel performance of the librarian was at 26.73%.

Article Details

How to Cite
Irianto, R., & Marimin, M. (1). PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN KINERJA PUSTAKAWAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/6768
Section
Articles

References

As’ad, Mohamad. 2001. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Proyek Pengembangan Buku dan Minat Baca. 1996. Panduan Pemasyarakatan Buku dan Minat Baca. Jakarta: Dikdasmen.

Hurlock, E. B. 2000. Psikologi Perkembangan Anak. Alih Bahasa:
Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 11 Maret No. 01030/1981 Tentang “Perpustakaan Sekolah”.
Moenir, H.A.S. 1983. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakrta: CV Alfabeta.

Nurbiyanti, Enny. 2008. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Kinerja Pustakawan terhadap Minat Baca Siswa SMK Negeri 2 Blora. Under
Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Peraturan Pemerintah No 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU No 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan.

Robbins, Stephen P. 1996. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Prenhalindo.

Umar, Husein. 2004. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.