PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PALEBON SEMARANG

Main Article Content

Ikke Monicca C
Subkhan Subkhan
Rediana Setiyani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Palebon Semarang secara simutan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi berjumlah 66 siswa, yang semuanya dijadikan responden penelitian. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket.Metode analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda menunjukkan menunjukkankontribusi minat belajar, motivasi belajar, dan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar akuntansi secara silmutan sebesar 55,8%. Besarnya pengaruh secara parsial variabel minat belajar sebesar 7,50%, variabel motivasi belajar sebesar 9,30% dan besarnya pengaruh secara parsial variabel prestasi belajar matematika sebesar 9,55%.

The purpose of this study was to determine the effect of interest in learning , motivation to learn and learning achievement to achievement learn accounting class X SMK majoring in accounting in Semarang Palebon simutan and partial manner . This research is quantitative , with a population of 66 students , all of which are used as research respondents . The data collection method used was documentation and questionnaires . Methods of data analysis using descriptive and multiple linear regression . Multiple linear regression analysis showed showed the contribution of interest in learning , motivation to learn , and math skills to the learning achievement silmutan accounting for 55.8 % . The amount of influence in partial interest in learning by 7.50 % , the variable motivation to learn at 9.30 % and the effect of partial variable mathematics achievement by 9.55 % .

 

Article Details

How to Cite
C, I., Subkhan, S., & Setiyani, R. (1). PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PALEBON SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/6773
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Aritonang, Keke T. 2008. “Pengaruh Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2012
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Depdiknas. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
---------. 2007. Teori Akuntansi Edisi Tiga. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengerjaan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
---------. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu.
Ismayani, Ani. 2010. Fun Match With Childreen. Jakarta: Gramedia.
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, Arya. 2009. “Pengaruh Kemampuan Verbal, Prestasi Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Demak 2008/2009”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Peraturan Pendidikan Pendidikan Nasional 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Pradipto, Y. Dedy. 2007. Belajar Sejativs Kurikulum Nasional. Yogyakarta : Torrent Books.
Prawita, Purwa Amaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sudarmanto, Y.B. 1995. Tuntutan Metodologi Belajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suharso dan Ana Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV Widya Karya
Sunaryo. 2006. Matematika Ekonomi dan Bisnis. Malang. BPFE Unibraw.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2007. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta : Cahaya Abadi.