PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, PENGUASAAN SOFT SKILL, DAN KEMATANGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Article Content

Riska Afriani
Rediana Setiyani

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa belum semua siswa kelas XII Akuntansi mempunyai kesiapan kerja tinggi. Hal ini terlihat pada keterserapan lulusan pada tahun 2014 hanya sebesar 54% dari keseluruhan lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, dan kematangan karir terhadap kesiapan kerja.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan rumus Isaac dan Michael, sampel sebanyak 84 siswa diambil sampel per kelas menggunakan teknik proportional random sampling.Metode pengumpulan data menggunakan angket. metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Analisis deskriptif diperoleh bahwa kesiapan kerja siswa dalam kategori Siap, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kejuruan dalam kategori Baik, Penguasaan Soft Skill dalam kategori Baik, dan Kematangan Karir dalam kategori Matang. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja sebesar 19,9%, penguasaan soft skill terhadap kesiapan kerja sebesar 5,8%, dan kematangan karir terhadap kesiapan kerja sebesar 9,8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, dan kematangan karirberpengaruh terhadap kesiapan kerja. Saran yang diberikan, untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa, hendaknya siswa diberikan pemahaman yang baik tentang kompetensi akuntansi, pelatihan soft skill, dan bimbingan karir.

Based on initial observation, known that not all student on twelfth grade accounting have a high work readiness. This is shown by graduate occupancy to work in 2014 just 54% of all. The purpose of this research are to see the influence of Students Perception about Vocational Competency, Soft Skill Capability and Career Maturity toward Work Readiness.  Population of this research is student XII class Accounting State Vocational High School2 Magelang on year 2014/2015. Based Isaac and Michael formula, sample as amount 84, and taken by proportional random sampling for each class.Datacollection methodis questionnaire. The analyze methodare descriptive analyze and multiple regression analysis. The results of descriptive analysis of this research were work readiness in ready categorized, student’s perception about vocational competency was good, soft skill capability was good, and career maturity too. Based statistic, the results shown that student’s perception about vocational competency affected work readiness as 19,9%, soft skill capability affected work readiness as 5,8%, and career maturity affected work readiness as 9,8%. Based these above results, it concludes that   students perception about vocational competency, soft skill capability and career maturity affect work readiness. As an advice, based this research, to improve student’s work readiness, the teacher should give best understanding about a relevant work with accounting competency, soft skill training, and career guidance.

Article Details

How to Cite
Afriani, R., & Setiyani, R. (1). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, PENGUASAAN SOFT SKILL, DAN KEMATANGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/6776
Section
Articles

References

Alfan, Muhammad Zachim. 2014. “Pengaruh Bimbingan Karir dan Lingkungan Sekolah Melalui Motivasi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang”. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Unnes
Dewi, dkk. 2013. “Hubungan Harga Diri dan Motivasi Berprestasi dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Surakarta”. Dalam Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa. Vol. 2 No. 1 Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Dirwanto. 2008. “Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada Siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008”. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan:Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Harja, Iwan Riya. 2014. “Pengaruh Kompetensi Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY
Hutapea, Parulian dan Thoha, Nurianna. 2008. Kompetensi plus: Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ikhsan, Arfan dan Muhammad Ishak. 2005. “Akuntansi Keperilakuan”. Jakarta: Salemba Empat
Kaswan. 2014. Career Development (Pengembangan Karir untuk Mencapai Kesuksesan dan Kepuasan. Bandung: Alfabeta
Kusumastuti, Reni. 2013. “Upaya SMK Bidang Studi Bisnis dan Manajemen dalam Memenuhi Kebutuhan Soft Skill Dunia Industri”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 3 Hal 1-13. Surakarta: UNS.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Oktavia, Mutia. 2014. “Kontribusi Pengalaman Prakerin dan Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Industri Siswa Program Teknik Komputer dan Jaringankelas XII di SMK N 2 Padang Panjang”. Dalam Jurnal Voteknika. Vol. 2 No. 1. Padang: Universitas Negeri Padang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 2006. Jakarta: Diperbanyak oleh Depdiknas
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Standar Kompetensi. 2009. Jakarta: Diperbanyak oleh Depdiknas
Porbaningsih, Andriyati. 2011. “Pengaruh Kegiatan Praktik Kerja Industri dan Motivasi Berorganisasi terhadap Kemampuan Penguasaan Soft Skills Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Islam Al-Hikmah Mayeng Jepara”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi
Santrock, John. W. 2003. Adolesence Perkembangan Remaja Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Sirsa, I Made. 2014. “Kontribusi Ekspektasi Karier, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Seririt”. Dalam Jurnal Program Pascasarjana. Vol. 5 Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sutanto, Teguh. 2012. Soft Skill Sukses di Dunia Kerja. Yogyakarta: Buku Pintar
Talib, Mansor Abu dan Aun, Tan Kit. 2009. “Predictors of Career Indecision Among Malaysian Undergraduate Students”. Dalam European Journal of Social Sciences. Vol. 8 No. 2. Hal. 215-224
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Diperbanyak oleh Depdiknas
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 2003. Jakarta: Diperbanyak oleh Depnakertrans
Valid, Yanuar Mipalas dan Taman, Abdullah. 2013. “Pengaruh Pengalaman Praktik Industri dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta”. Dalam Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 2 No. 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Witko, Kim. 2005. “Senior High School Career Planning: What Students Want”. Dalam Journal of Education Enquiry Vol. 6 No.1. Canada: University of Lethbridge