PENGARUH PRESTASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BUSINESS CENTRE TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMK PGRI TEGAL

Main Article Content

Kristi Puspa Wardani
Widiyanto Widiyanto

Abstract

Motivasi siswa untuk menjadi seorang wirausaha dipengaruhi oleh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kondisi variabel prestasi belajar, lingkungan keluarga, keaktifan siswa dalam business centre, motivasi berwirausaha dan sebesar besar pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre terhadap motivasi berwirausaha siswa baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa yang terdiri dari kelas XI SMK PGRI Tegal, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel yang diteliti yaitu variabel prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre sebagai variabel bebas, dan motivasi berwirausaha siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 66,15, lingkungan keluarga dalam kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 47,73, keaktifan siswa siswa dalam business centre dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 14,24 dan motivasi berwirausaha siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 39,20. Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk prestasi belajar diperoleh thitung sebesar 2,287 dengan signifikansi 0,030 < 0,05, lingkungan keluarga diperoleh thitung sebesar 3,343 dengan signifikansi 0,001 < 0,05, keaktifan siswa dalam business centre diperoleh thitung sebesar 4,020 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha1, Ha2, Ha3 diterima. Besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel prestasi belajar sebesar 41,6%, lingkungan keluarga sebesar 44%, dan keaktifan siswa dalam business centre sebesar 45% secara simultan sebesar 63% selebihnya 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Students’ motivation to become entrepreneur was influenced by academic achievement, family environment, and their activeness in business center. The problems in this research were: (1) how is the condition of the variable academic achievement, family environment, and entrepreneurial motivation, (2) how much is the influence of academic achievement, family environment, and activeness in business center towards the students’ entrepreneurial motivation both partially and simultaneously. The population of the research consisted of 59 students Grade XI in SMK PGRI Tegal. Because this research is a population research, all the members of the population group served as the samples in this research. The examined variables were the students’ academic achievement, family environment, and their activeness in business center which served as the independent variables and students’ entrepreneurial motivation which served as the dependent variable. Method of data collection used in this research were questionnaire ad documentation. The collected data was analyzed using percentage description and double regression. The results of the research showed that academic achievement variable was in excellent category with average score 66.15, family environment was in good category with average score 47.73, students’ activeness in business center was in excellent category with average score 14.24 and students’ entrepreneurial motivation in excellent category with average score 39.20. Regression test showed partial test result for academic achievement thitung 2.287 with significance 0.030 < 0.05, family environment thitung 3.343 with significance 0.001 < 0.05, students’ activeness in business center thitung 4.020 with significance 0.000 < 0.05 which meant H0 was rejected and Ha1, Ha2, Ha3 were approved. The partial influence of academic achievement variable was 41.6 %, family environment was 44%, and students’ activeness in business center was 45 %. Simultaneously, the influence was 63% consisted of the variables and the rest 37% was consisted of the factors other than being included in this research.

Article Details

How to Cite
Wardani, K., & Widiyanto, W. (1). PENGARUH PRESTASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BUSINESS CENTRE TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMK PGRI TEGAL. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/6782
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Ahmadi, Abu., dan Uhubiyati, Nur. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Barthos, Basir. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta : Bumi Aksara
Fahmi, irham. 2013. Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta
Hisrich, Robert D; Michael P. Peters, dan Dean A. Shepherd. 2008. Entrepreneurship “Kewirausahaan”. Jakarta : Salemba Empat
Saiman, Leonardus. 2014. Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan Kasus-kasus). Jakarta : Salemba Empat
Soemanto, Wasty. 1999. Pendidikan Wiraswasta (sekuncup ide operasional). Jakarta: Bumi Akasara
Sugiyono.2010 .Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo