PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SIMPATHI DI SMP N 1 COMAL TAHUN 2013/2014

Main Article Content

Ary Sandi Raharjo
Harnanik Harnanik

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama pada kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha terhadap partisipasi anggota sebesar 31,5%. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 30,80%. Pengelolaan usaha berpengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 5,71%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh negatif dari kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha terhadap prestasi partisipasi anggota koperasi Simpathi di SMP N 1 Comal tahun 2013/2014. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya anggota koperasi lebih berpartisipasi aktif dalam berkoperasi sehingga dapat memajukan koperasi Simpathi, hendaknya pengurus koperasi lebih meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani anggota koperasi agar anggota lebih bisa berpartisipasi secara aktif demi kemajuan koperasi Simpathi, hendaknya pengurus koperasi lebih meningkatkan pengelolaan usaha koperasi agar anggota lebih tertarik untuk melakukan transaksi di koperasi. Dengan adanya hal tersebut maka partisipasi anggota akan menjadi lebih baik.

The results showed that there was influence jointly between service quality and business management amounted to 31.5%. Service quality affect the participation of members of 30.80%. Business management affect the participation of members of 5.71%. The conclusions of this study is no influence of service quality and business management of the achievements of the cooperative members Simpathi participation in SMP N 1 Comal year 2013/2014. The advice given in this study are members of cooperatives should participate more actively in order to promote cooperative cooperatives Simpathi, cooperative management should further improve the quality of care in serving the members of the cooperative for the members to be able to participate actively for the advancement Simpathi cooperatives, cooperative management should further improve the management cooperative effort so that members are more interested in a cooperative transaction. Given this, the participation of members would be better.

Article Details

How to Cite
Raharjo, A., & Harnanik, H. (1). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SIMPATHI DI SMP N 1 COMAL TAHUN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6784
Section
Articles

References

Anoraga dan Widiyanti. 1992. Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaniago. 1985. Perkoperasian Indonesia. Bandung: Angkasa Bandung.
Djajasumarga. 1992. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pembangunan Nasional. Semarang: IKIP Semarang Press.
Gasperz. 1997. Manajemen Kualitas : Penerapan Konsep Vincent Dalam Manajemen Bisnis Total, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Handoko. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: BPPB UGM.
Jaesron. 2005. Manajemen Strategi Koperasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kartasapoetra. 2003. Koperasi indonesia. Jakarta: Asdi mahasatya.
Korten. 1985. Ekonomi Koperasi Teori Dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Mutis. 2004. Pengembangan koperasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurlela. 2001. Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota dan Lingkungan Usaha Terhadap Keberhasilan Koperasi di KUD”BAHAGIA” Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Skripsi. Semarang. UNISULA
Parasuraman. 2005. Pelayanan Pelanggan Yang Sempurna. Kunci Ilmu, Yogyakarta
Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Ropke. 2003. Ekonomi Koperasi: Teori Dan Manajemen. Terjemahan Sri Djatnika. Jakarta : Salemba Empat.
Sudarsono. 2002. Koperasi Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Sukamdiyo. 1999. Manajemen Koperasi. Jakarta : Erlangga.
Susanti. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepemimpinan Pengurus Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi Simpan Pinjam Rabi Jonggor Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal. Padang: FE Universitas Negeri Padang.
http://journal.unp.ac.id online 12 November 2014
Tjiptono,2000. Perspektif Manajemen Dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.
Widiyanti. 2007. Manajemen Koperasi. Jakarta : Rineka Cipta.
Widiyastuti, Dkk. 2013. Pengaruh Pengetahuan Anggota Tentang Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi Serba Usaha (Ksu) Warga Sejahtera, Kelurahan Cipinang, Jakarta Timur. Jurnal. FEB. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
http://www.jpeb.net online 12 November 2014
Wijayanti. 2009. Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa. Jakarta: Erlangga.