PENGARUH MOTIVASI, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri se-Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri se-Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 213 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 135 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya secara simultan berpengaruh sebesar 71,5% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sedangkan motivasi berpengaruh sebesar 17,47% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial, prestasi belajar berpengaruh sebesar 23,91% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial , status sosial ekonomi orang tua berpengaruh sebesar 16,81% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh sebesar 10,50% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial.
This research aims to determine the level of positive influence between motivation, academic achievement, socio economic status of parents and peers environment on interest in continuing education to the collage of 12th Accounting Program Students at State Vocational High School of Semarang City in 2014/2015. Populations in this research is students at State Vocational High School of Semarang city specially 12th accounting program students that amounts 213 students. The technique of sampling is proportional random sampling technique, which has total 135 students. Method of collecting data uses questionnaire and documentation. While the method of analyzing data is descriptive analysis and hyphotesis testing using multiple linier regression analysis. The result of the research show motivation, learning achievement, social and economic status of parents, and peers environment simultaneously has 71,5% affect the interest to continuing education to the collage. Motivation has 17,47% affect the interest to continuing education to the collage partially, academic achievement has 23.91% affect the interest to continuing education to the collage partially, social and economic status of parents has 16,81% affect the interest to continuing education to the collage partially and peers environment has 10.50% affect the interest to continuing education to the collage partially.
Â
Article Details
References
Abid, Wildani. 2011. Pengaruh Prestasi Belajar, Pengembangan Karir dan Aktualisasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Ajake, Uchenna Egodi. 2013. Family SocioEconomic Status and Delinquency among Senior Secondary School Students in Calabar South, Cross River State, Nigeria. Dalam American International Journal of Contemporary Research, Volume 3 No. 4. Nigeria: University of Calabar.
Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik No. 85/11/Th. XVII, 5 November 2014 Tentang Keadaan Ketenagakerjaan Agustus 2014.
Falentini, Febry dkk. Usaha yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan – Hambatan yang Ditemui. Dalam Jurnal Ilmiah Konseling. Hal 310-316 Padang: FIP Universitas Negeri Padang.
Fitriani, Khoerunisa. 2014. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal. Skripsi. Dalam Economic Education Analysis Journal. Hal 152 – 159 Semarang : FE Universitas Negeri Semarang.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta. : Erlangga.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMK.
Masfufatun. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Keberadaan Perguruan Tinggi Unnes Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Unnes pada siswa kelas XII SMA N 5 Semarang. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Nasution, Syafrina. 2013.Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Anak Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kelas XI Semester Genap di SMA Sinar Husni Medan Helvetia Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2010/2011). Dalam Jurnal Citizenship, Hal 35 – 52 Medan : FIS : Universitas Negeri Medan.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rini, Esti Setya. 2012. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang tua dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Thesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ryan, Yano. 2010. Factors Influencing the Choice of College Among Undergraduate Students in Public Universities in Kenya. A Case Study of the University of Eldoret. Dalam Australian Journal of Commerce Study. Kenya : University of Eldoret.
Sofiarini, Andriani Dian. 2011. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan, dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Kelas XII di Kelurahan Sendangguwo Semarang tahun ajaran 2009/2010â€. Thesis. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Umma, I’ana. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Kelas XI IPS di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan, Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.