PENGARUH PERSEPSI TENTANG PRAKTIK KERJA LAPANGAN, INFORMASI DUNIA KERJA DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK

Main Article Content

Yuyun Kusnaeni
Martono S

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang praktik kerja lapangan, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Bhakti Persada Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Bhakti Persada Kendal yang berjumlah 202 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 134 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin.Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan menggunakanSPSS for Windows versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa0.000<0.05, ada pengaruh informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa 0,013<0,05, ada pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa 0,000<0,05 sehingga Ha1, Ha2 dan Ha3 diterima.

The purpose of this study is to determine the influence of perceptions about job training, jobs information and motivation to enter the workforce against students’ work readiness of SMK Bhakti Persada Kendal.The population in this study was all students of class XII SMK Bhakti Persada Kendal, there are 202 students. The number of samples of the study was 134 students obtained by using the slovin formula. Method of data collection was using the questionnaire. The analysing data used descriptive analysis and multiple regression analysis percentages using SPSS for Windows version 16.Based on the results of the study, indicate that there was a positive effect of job training for students 'job readiness 0.000> 0.05, there was the effect ofjobs information on students' job readiness 0.013 <0.05, there was the influence of motivation to enter the workforce to the job readiness of students 0,000 <0,05 so Ha1, Ha2 and Ha3 accepted.

 

Article Details

How to Cite
Kusnaeni, Y., & S, M. (1). PENGARUH PERSEPSI TENTANG PRAKTIK KERJA LAPANGAN, INFORMASI DUNIA KERJA DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9983
Section
Articles

References

Aminuddin & M. Najib. 2013. Relationship of job involvements on vocational school students’ job satisfactions in industrial training.International Journal of Vocational and Technical Education. Malasyia: Academic Journals Vol.5(1). Hal 1-7.
Andreas Hirschi and Damian Läge. 2007. Holland’s Secondary Constructs of Vocational Interests and Career Choice Readiness of Secondary Students Measures for Related but Different Constructs. Journal of Individual Differences. Switzerland. Hogrefe & Huber Publishers Vol. 28(4):205–218.

Anoraga, Pandji. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Edward Kochung, dkk. 2011. “Factors Influencing Students Career Choices among Secondary School Students in Kusuma Municipality”. Kenya JETERAPS. Kenya: ISSN: 2141-6990.
Fattah, Nanang. 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ferdinand, Augusty. (2011). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Fitria, dkk. 2013. “Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik”. JUPE UNS. Surakarta: Vol. 1 No: 2 Hal 1-13.
Gozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hana. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Locus of Controlterhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Surakarta. Dalam Jurnal Jupe UNS, Volume 1 No.1.Hal 1s/d11 Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Hamalik, Oemar. (1996). Media Pendidikan. Bandung: Alumni
-----------(2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
-----------(2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. (2007). Organisasi&Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
----------(2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
I Made Sirsa dkk. 2014. “Kontribusi Ekspektasi Karier, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Seririt”.
E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidika.Singaraja: Volume 5 Tahun 2014.
Komang, dkk. 2014. “Efektivitas Teori Karier Holland Melalui Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa”. Jurnal Online Jurusan Bimbingan Konseling. Singaraja: Vol. 2 No: 1.
Nurcahyono, Eko dkk. 2015. “Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Kontribusinya terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Pati”. Economic Education Analysys Journal ISSN 2252-6544.
Sardiman. (2011). Interaksi&Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengna Metode R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. (1984). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Denpasar: Bumi Aksara.
Tan Shen Kian, dkk. 2014. “Job Satisfaction and Motivation: What Are The Difference Among These Two?”. Europen Journal of Business and Social Sciences. Eroupe: ISSN 2235-767X Vol. 3 No. 2.
Teck Heang Lee, dkk 2012. “ Perceived Job Readiness of Business Students at the Institutes of Higher Learning in Malaysia”. International Journal of Advances in Management and Economics. Malasyia: Issue 6 Vol.1. Hal.151.
Uno, Hamzah. (2014). Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel & Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Instituti Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yudi & Hudaniah. 2013. Self Efficiency dangan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Malang: JIPT Vol 01 No.