PENGARUH PELATIHAN GURU, KOMPETENSI GURU DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KESIAPAN GURU PRODI BISNIS MANAJEMEN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Main Article Content

Septian Fuji Yama
Rediana Setiyani

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang saat ini diterapkan di Indonesia. Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar pada guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk menyiapkan dirinya dalam melaksanakan kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh pelatihan guru, kompetensi guru, dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kesiapan guru prodi bisnis manajemen dalam implementasi kurikulum 2013 di SMK N 1 Purbalingga. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru prodi bisnis manajemen di SMK N 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu guru program pendidikan akuntansi, administrasi perkantoran, dan pemasaran berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam dalam pengambilan data adalah angket. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan parsial pelatihan guru, kompetensi guru, dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kesiapan guru prodi bisnis manajemen dalam implementasi kurikulum 2013 di SMK N 1 Purbalingga. Saran yang dapat diberikan adalah guru harus berupaya menambah wawasan mengenai kurikulum 2013 dan guru lebih  mengembangkan kompetensi kepribadiannya serta guru harus mempersiapkan dirinya untuk memahami pemanfaatan sumber belajar.

Curriculum 2013 is the curriculum applied in Indonesia recently. It brings fundamental changes in teachers’ teaching and learning. Thus, teachers are required to prepare themselves in implementing curriculum 2013. The purpose of this study is to find out whether there is influence of  teacher training, teacher competence, and infrastructure towards manajement business department teacher’s readiness in curriculum 2013 implementation in SMK N 1 Purbalingga. The population of this study was manajement business department teachers in curriculum 2013 implementation in SMK N 1 Purbalingga in the academic year of 2014/2015. The samples of this study were accounting education teachers, office administration teachers, and marketing teachers consisting of 24 people in SMK N 1 Purbalingga. Sampling technique used in this study was saturated sampling. The method used in this study was giving questionnaire. Variable data were analyzed by statistic descriptive percentage and multiple regression analysis. This result statistically shows that teacher training, teacher competence, and infrastructure influence either simultaneously or partially towards the manajement business department teachers’ readiness in curriculum 2013 implementation in SMK N 1 Purbalingga. The suggestions that come out from this study are teachers are required to increase knowledge of curriculum 2013, it is expected that they develop their personal competence, and they get themselves ready in understanding the use of learning sources.

 

Article Details

How to Cite
Yama, S., & Setiyani, R. (1). PENGARUH PELATIHAN GURU, KOMPETENSI GURU DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KESIAPAN GURU PRODI BISNIS MANAJEMEN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9988
Section
Articles

References

Arifin, Mohammad., dan Barnawi. 2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara..

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Daryanto.2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, H,M. 2008. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dharma, Agus. 2000. Manajemen Supervisi (Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Evanita, Eka Lusia. 2013. “Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013”. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Handler, Beth. 2010. “Teacher as Curriculum Leader: A Consideration of the Appropriateness of thar Role Assignment to Classroom-Based Practitioners”. Dalam International Journal of Teacher Leadership, Volume 3 No. 3. Hal 32-42 U.S.A : University of Wisconsin-Madison.

Mahardika, Khrisna Nara Ardya. 2014. “Kesiapan Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Wates”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Mulyasa, E. 2014.Guru Dalam Implementasi 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

-----. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

-----. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho dkk. 2009. “ Kesiapan dan Kendala Yang dihadapi guru SMK program Keahlian Otomotif di Kota semarang dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Dalam Jurnal PTM, Volume 9 No.2 Hal 65-70 Semarang: Universitas Negeri Semarang

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sariono. 2013. “ Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas”. Dalam E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Volume 3 Hal 1-8 Surabaya: Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Setyowati dkk. 2014. “Analisis Kompetensi Pedagogik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Kelompok Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 2 No. 3. Hal 312-322 Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario. 2013. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran”. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 No. 2. Hal 17-29 Medan: Universitas Negeri Medan

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Soetjipto dan Kosasi. 2009. Profesi Keguruan.Jakarta : PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suherman, Aris., dan Ondi Saondi. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ozturk, Ibrahim Hakki. 2011. “Curriculum Reform And Teacher Autonomy In Turkey: The Case Of The History Teaching”. Dalam International Journal of Instruction, Volume 4 No. 2. Hal 113-128 Turkey: Canakkale 18 Mart University.

Umar, Husein. 2004. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi dkk. 2013. “Pengaruh Kesiapan Guru Mengajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SMK Kristen 1 Surakarta”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 2 No. 2. Hal 37-48 Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Wahyuni, Tri. 2013. “Kesiapan Guru Bidang Keahlian Teknik Bangunan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Wonosari”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Winkel dan Hastuti. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.Yogyakarta : Media Abadi